Senin, 07 September 2015

Inilah Pengalaman Pertama Kali Menggunakan Instagram Ads via Facebook! #Interview

Inilah Pengalaman Pertama Kali Menggunakan Instagram Ads via Facebook! #Interview

Link to FanspageID - Your Facebook Marketing Stuff

Inilah Pengalaman Pertama Kali Menggunakan Instagram Ads via Facebook! #Interview

Posted: 07 Sep 2015 06:59 AM PDT

Hi Stuffers! Berjumpa lagi dengan FanspageID! Mungkin banyak sekali yang sudah menantikan adanya sponsored content/instagram ads yah? Mengapa? Karena social media yang satu ini telah banyak digunakan oleh banyak Brand dan sangat powerfull dengan segmentasi market yang bagus. Pengguna instagram tergolong “lebih” di atas facebook maupun BBM. Apalagi dengan jangkauan post yang masih sangat tinggi dibandingkan dengan facebook, banyak juga yang masih menggunakan paid promote (membayar instagram account besar untuk mempromosikan brand mereka) dengan biaya yang tidak murah.

Screen Shot 2015-09-07 at 8.00.08 PM

Kehadiran ini tentunya sangat ditunggu-tunggu, termasuk kamu! Social Media kepunyaan Facebook ini tentunya masih nyambung dengan facebook advertising, ya tentu. Platform advertising yang dirancang facebook tentunya tinggal dipoles agar sesuai dengan social media berbasis foto ini.

Jika Stuffers sudah terbiasa dengan facebook advertising, maka pembahasan ini tidak menjadi hal yang terlalu tabu bagi kamu para facebook advertiser. Kali ini FanspageID menginterview salah satu facebook marketer asal Indonesia, dia bernama Anindya Lestari.

Anindya Lestari telah lama berkecimpung dalam advertising di facebook dalam berbagai campaign, untuk monetizing online shop, CPA, platform custom T-shirt dll. Marketer sukses yang telah banyak mengeruk dollar (terutama Euro) dengan bantuan advertising di facebook. Nah, kali ini dia sudah mencoba instagram ads juga dan itu mungkin sangat jarang yang sudah menggunakan ini di belantara internet marketing Indonesia. Kita simak:

INTERVIEW

#Kapan bisa Anindya menggunakan Instagram Ads? dan Mendapatkan info dari mana akan hal ini?

A: Sekitar 1 minggu yang lalu. Ketika create campaign di power editor dapat notifikasi kalau mendapatkan akses untuk instagram ads. Dan ketika click bagian ad set di power editor pun dapet notif seperti ini:

“..Now you can create ads for instagram from facebook…”

Screen Shot 2015-09-07 at 8.32.27 PM

#Jadi opsi itu muncul dengan sendirinya yah, bukan “tricky” dengan beriklan dengan Account US atau IP/Proxy US seperi biasanya diluar sana ketika ingin mendapatkan fitur baru? Kemudian jenis iklan apa untuk bisa placement di Instagram?

A: saya pake Business Manager jadi bukan di power editor ad account biasa (facebook profile) tapi ad account di business manger dan akun profile-nya asli yang digunakan seperti biasa (Indonesia). Untuk jenis iklan placement instagram yang available masih pada jenis iklan 1) Click to website & 2) App install.

#Ada persyaratan kah terkait aktifasi instagram ads ini? Misal akun Facebook adalah akun yang untuk sign in di Instagram?

A: Engga sepertinya. Karena itu juga Business Manager nya di akun yang tidak biasa aku pakai dan bukan akun FB yang nyambung instagram.

#5. Jika tidak, lantas akun Instagram manakah yang muncul di ads dan bagaimana integrasi nya?

Jadi, akun instagram yang muncul sebagai media iklan yang tampil terlebih dahulu ditambahkan untuk connect di Business Manager Facebook seperti yang terlihat pada gambar di bawah ada opsi instagram account, jika yang pada umumnya advertiser punya, tidak ada.

Screen Shot 2015-09-07 at 8.27.03 PM

Mengapa Business Manager kami sudah muncul? ini bukan suatu kesengajaan, karena pada suatu waktu kami mengontak support facebook untuk request menambahkan item tertentu di Business Manager, namun ketika dicek tiba-tiba sudah terupdate juga instagram ads.

So far aku baru create satu. Itu di pojok kanan ada tulisan claim new instagram account. Nanti di power editor di bagian ads nya kita bisa pilih IG mana yg dipilih, jadi kita dapat menambahkan Brand Instagram kita yang ingin diiklankan di Business Manager.

#Secara garis besar bagaimana alur beriklan nya? Bagaimana performa iklan IG? Apakah lebih terjangkau jika dibandingkan FB atau? Berdasarkan impression dan cost yg dihabiskan.

1. Create campaign menggunakan objective click to website 2. di bagian ad set masukan interest sesuai target market 3. dibagian ads pilih instagram yg akan di iklankan, upload gambar (square) yg akan di iklankan, ketik description, pilih call to actioan (ada sign up, shop now, learn more,dll), ketik link yang akan di tuju ketika audience mengeklik call to action. Untuk billing terpisah dengan ads biasa, jadi ada billing khusus instagram, tapi munculnya tetap di ads manager billing.

11995674_10204757819927244_621715774_n

Secara cost click to website cukup murah dapat sekitar $0,01 dimana aku tanya ke marketer luar $0.03 – $0,06 untuk cost click to website iklan mereka. CPM juga cukup murah. Oh ya ini untuk target negara jerman yang dicoba.

Oh ya kita harus pilih fanspage yg digunakan juga, gatau kenapa ada option harus pilih fanpage yg digunakan karena gak ada kolerasinya sih.

#Pertanyaan terakhir mungkin nih, “Bagaimana mengkorelasikan target-target audience yang ada di FB dan yang ada di instagram, bukankan interest di FB tentu berbeda karena bukan merupakan interest yg dipake penonton instagram? ”

11995553_10204764104724360_39492791_n

Untuk interest, menggunakan interest yang sudah ada di FB. contoh nya seperti itu. Interest menggunakan yg ada di FB dan placement nya pilih instagram. Mungkin facebook mendeteksi dari facebook user yang menggunakan instagram dengan sign in with facebook.

Demikian interview dengan Anindya Lestari, dari hal ini banyak hal yang banyak diambil manfaat. Temen-temen advertiser tinggal menunggu saja facebook me-rolling out ke account Business Manager kita, karena ketika request manual ke support facebook, facebook menjawab bahwa itu tidak dapat diaktifasi manual, tunggu saja selepas akhir bulan September facebook akan me-rolling out ke worldwide account advertiser.

Demikian, semoga bermanfaat!

The post Inilah Pengalaman Pertama Kali Menggunakan Instagram Ads via Facebook! #Interview appeared first on FanspageID - Your Facebook Marketing Stuff.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar