Ada Apa Yang Baru Dari FanspageID? | ![]() |
- 2-Day Facebook Marketing (Organic & Paid Traffic) Practical Training #Yogyakarta
- Agar Iklanmu Tidak Berjalan Sia-Sia! : Retargeting Facebook + Remarketing Adwords
- Hal Kecil, Namun Berefek Besar Pada Penulisan Call To Action Kamu di Facebook!
- Cara Pembayaran Iklan Facebook Dengan Bank Lokal (ATM) dan Doku, Pengin Tahu?
- Saya Menyebut Ini Facebook Timeline Contest! Lalu Apa Pentingnya?
- Baru! Kontrol Iklan Facebook Dalam Genggaman HP Kamu!
- Pentingnya Menjadwal Iklan Facebook Tayang di Jam Tertentu Tiap Hari-nya!
- Ramadhan, Jangkauan Posting Facebook User pun Mengalami Pergeseran!
- Perlukah Karyawan untuk Mengelola FB Marketing? Jika Iya, Apa Tugasnya?
- Begini Cara Optimasi Local Business di Fanpage Facebook dan Google Plus Page
2-Day Facebook Marketing (Organic & Paid Traffic) Practical Training #Yogyakarta Posted: 03 Sep 2015 02:04 AM PDT ★ Facebook Marketing gives us the opportunity to expand our connections. If you're looking for practical and effective guidance on how to use Facebook to grow your business, this next workshop will set you up for success. Our guest speaker will discuss how to focus your activity on Facebook to meet your specific business goals through Organic Facebook Marketing and Facebook Advertising (Paid Traffic). If you’re tired of wasting time and money trying to figure out why some facebook marketing work and yours don’t, this is a course for you. Harness the full marketing potential of Facebook for your business. Two day training course in #Jogja. Reserve now! ☆ Our Speaker ☆: 1. Nofi Bayu Darmawan, Managing Director at Fanspage Id – Your Social Media Stuff FanspageID, http://Fanspage.ID is a service based business dedicated to creating, planning, and handling facebook marketing (and sometimes other forms of promotion on internet) for its clients and provides an outside point of view to the effort of selling the client’s products or services. FanspageID was experienced in handling more than 1000+ Small and Medium Enterprises (SME/UKM) in Indonesia. ☞ [Our objective in this event] ☜ : · How best to optimize your Business via Organic FB Marketing · How best to optimize your Business via FB Ads · Setting up your Facebook Advertising for maximum results 2. Kadra IM-Class ⌲ Online Marketing Practitioners, Business Owner of KaskusKadra. ⌲ Chief Marketing Online Perusahaan SocialPreanure ⌲ Chief Marketing Online Perusahaan Tour And Travel ( BackPacker Ala NLP ) ⌲ Founder of Kadra I’m Class ——- Course Outline: [1st Day] – Keynote Speaker: Nofi Bayu Darmawan Session 1: Facebook Ads Mindmap Ads Audience Research – Case Study Audience Insight Low Budget Facebook Ads Concept Low Cost Page Post Engagement – Practical Low Cost Page Like – Practical Session 2: Custom Audience for Facebook Ads – Practical Analyze Performance via Facebook Ads Report – Practical Fanpage Facebook`s Funnel Facebook Marketing Tools [2nd Day] – Keynote Speaker: Kadra “Organic Traffic Facebook Marketing from A-Z” Bonuses: 1. Free Acces Secret Group: Alumni FanspageID 2. Doorprize: Facebook Advertiser T-Shirt —— Who should attend this event: – Business Owner – Entrepreneur – Online & Offline Marketer ⌨ Your Investment: → Before 10 Sept 2015 1st Day [Only]: IDR 900.000 2nd Day [Only]: IDR 700.000 ✄ 2-Day Package just for IDR 1.450.000 →10 Sept 2015 till On The Spot 1st Day [Only]: IDR 1.000.000 2nd Day [Only]: IDR 800.000 ✄ 2-Day Package just for IDR 1.650.000 Limited 30 participant (Register now) Fast Registration: Contact our event organizer +628 77 3935 3095 (Yuli) +62818 04 181619 (Bahtiar) The post 2-Day Facebook Marketing (Organic & Paid Traffic) Practical Training #Yogyakarta appeared first on FanspageID - Your Facebook Marketing Stuff. |
Agar Iklanmu Tidak Berjalan Sia-Sia! : Retargeting Facebook + Remarketing Adwords Posted: 22 Aug 2015 09:50 PM PDT Kamu pasti pernah buka website ecommerce atau ticketing kemudian buka website lain, iklan brand yang kamu kunjungi tadi muncul terus, ibarat kamu sedang “dikejar-kejar” penawaran itu, mungkin iklan itu muncul di website lain dan bisa jadi muncul di social media. Sebenernya apa itu? Dan bagaimana kita memandang dari sudut pandang seorang Marketer? Itu dinamakan Remarketing, yang mana secara singkat dapat diartikan bahwa sebuah iklan yang tersaji kepada pengunjung yang sebelumnya sudah berkunjung ke sebuah web/web pages. Mengenai dimana iklan itu muncul, itu tergantung dari si pengiklannya. Kamu Marketer bukan? Jika kamu ingin memanfaatkan iklan yang biasa kamu submit baik di Adwords, Facebook maupun Twitter dan Paid Traffic lain, tentu knowledge ini sangat bermanfaat jika dipraktikan. Pada prinsipnya yang namanya remarketing itu tahap awalnya adalah mengumpulkan audience list (calon penonton iklan; dalam artian calon penonton iklan yang merupakan sebelumnya adalah pengunjung web kita). Ketika sudah terbentuk audience list, tinggal kita beriklan dengan memanfaatkan audience list remarketing tersebut. Audience List Dalam skema remarketing/retargeting hampir di semua channel paid traffic itu sama yaitu untuk membentuk audience list kite disediakan pixel code yang dipasang di website hal ini untuk mendetek pengunjung (mengumpulkan data pengunjung), sehingga nantinya terkumpul menjadi audience list. Pixel code dapat dipasang di beberapa website. Ketika jenis/niche website nya sama, dikumpulkan menjadi 1 tidak masalah, ketika beda tentu bedakan dengan membuat list audience yang berbeda. Contoh: Audince List A – web ecommerce niche fashion Audience List B -web ecommerce niche gadget Pixel code cuma 1, dipasang di web A dan B. Bagaimana caranya untuk membedakan list itu? di list A dan B disetting dengan rule tertentu, misal di A settinglah hanya mengumpulkan list dengan ada kandungan domain web A, begitu juga di B. Besarnya dan cepatnya list itu terbentuk sangat ngaruh dari traffic web kamu. Entah kamu manfaatkan Organic maupun Paid traffic, semuanya dapat membentuk list, inilah cara membangun list dengan tidak capek. Tapi garis besar dari pembahasan kali ini adalah membangun list dari hasil paid traffic, karena yang namanya paid traffic kan buang duit bukan? Bukan sekedar dapet traffic, tapi manfaatkan lah nilai tambah berupa nge-jaring list. Membership Duration Ketika pixel code sudah dipasang, dan audience list sudah dibuat, maka sejak itulah proses pembentuka list dimulai, mau ngiklan kapan aja bisa ke list itu, tapi untuk pengetahuan saja ketika membuat list ada pilihan durasi ketika mengumpulkan list. Yang saya sebut membership duration ini adalah waktu dimana audience itu bertahan menjadi list, kenapa sebuah channel iklan itu tidak ada pilihan list nya unlimited? Ya! karena tidak mungkin penonton web yang misalkan tahun lalu itu sudah ga relevan dengan sekarang. Misal visitor web yang dia mengunjungi web kehamilan tahun lalu, karena tahun ini dia sudah melahirkan maka info yang dicari sudah beda lagi. Rata-rata batas maksimal membership duration adalah 180 days, baik di facebook maupun adwords dan channel lain, audience akan terus baru seiring dengan traffic yang masuk terus. Untuk kategori web ticket misalkan, saya sering buka web +Traveloka atau +Tiket.com , mereka menggunakan retargeting Google Display Network (GDN) tipe Dynamic, dynamic disini berarti ketika aku searching tiket misal jakarta – solo untuk weekend depan, otomatis iklan yang akan tergenerate kepada aku adalah iklan penawaran tiket Jakarta – Solo, gitu, maksudnya dynamic, ini udah lebih advance lagi pembahasannya. Misal iklan Travloka seperti ini, ini bukan sembarangan tapi ter-generate berdasarkan user (dynamic), saya sering menemukan iklan tipe ini ketika saya berselancar di web-web yang mana ada space buat menaruh adsense:
Sudah paham belum yang sampe sini pentingnya Retargeting? jadi saya sebagai user akan diingatkan lagi tentang offer atau hal yang sebelumnya saya cari-cari, dan iklan retargeting ini akan mengikuti kita terus ketika berselancar Retargeting Facebook Perlu diketahui audience di facebook lebih banyak bersifat interest (ketertarikan), maka dari itu biasanya ketika kita membuat iklan di facebook, kolom interest tak terlewat dari hal yang kita setting, karena itu penting. Interest jumlahnya tak terbatas, dan itu disajikan kepada audience iklan. Ketika di iklan ada link website kita baik iklan post engagament maupun web click, itu akan mengalirkan trafiic ke kita. Jika web kita ga ada pixel code remarketing, kita tidak mengumpulkan list atas traffic berbayar ini. Pasanglah audience list di custom audience sehingga trafficmu ga sia-sia. Iklan Facebook, menarget interest profesi perawat (nurse), dari beberapa impression (tampilan iklan), menimbulkan traffic ke web dari iklan itu, dan terbentuklah list (perawat). Ketika di awal targeting sudah tepat, kemudian timbul klik, artinya user yang nge-klik bisa dikatakan memang segmented (tepat targetnya). Retargeting atau Remarketing di facebook dapat dibuat dengan iklan facebook (berbayar). Audience list remarketing di facebook, dapat dibuat menggunakan custom audience. Mengenai teknisnya, sudah pernah aku singgung di artikel sebelumnya, dan jika kamu sudah terbiasa beriklan di facebook dengan custom audience, InsyaAllah mudahlah untuk memahami ini. Baca artikel terkait: Ketika membuat list yang berbeda, tinggal bedakan di domian kita sesuai dengan category/niche audience web kita, misalkan: Jika misalkan kamu punya 10 toko online sejenis, bisa dipasang pixel code di 10 toko online itu dengan tidak mencantumkan domain, ya karena memang 10 toko online itu sejenis. Dengan banyaknya jaring list ini, mengumpulkan list banyak akan mudah dicapai. Note: perlu diketahui, ketika ads manager kena Ads Manage Error (AME), ads manager tidak bisa dipakai lagi, dan artinya list nya bubarrr! Saya sarankan pake Business Manager karena disitu bisa sharing pixel antara ads manager satu dengan yang lain. Ya kalau misalkan ads manager mu awet ya tidak masalah, abaikan note ini. Remarketing Adwords Audience dari Google itu bersifat membutuhkan (need), ada wanita mencari tips cepat hamil dan nemu web tips cepat hamil dan dia baca penawarannya dan saat itu dia belum punya uang, biasa…, sista itu nunggu gajian suaminya, ketika web sudah terpasang pixel code baik facebook maupun adwords kan mantap, ya gak? Iklan di facebook akan disajikan ke list yang benar-benar need, bukan cuma interest! artinya list nya itu butuh! Misalkan iklan di facebook itu jalan dan tampil ke orang tadi dengan text anggaplah, “Bunda masih belum Hamil Juga? ….., bla bla bla…” itu akan sangat mengena, misal dengan member duartion list 30 days, akan mengena nih iklan. Ketika traffic web yang didapat dengan teknik seo (organic), maka dari promosi yang gratis dapet nilai tambah audience list, tapi kalau kamu biasa menjalankan adwords yang mana berbayar, apa cuma sekedar dapet traffic saja? List juga bisa kamu dapet, biar klik yang terjadi itu menjadi aset buat kamu. Iklan Adwords, anggaplah dari berbulan-bulan tercipta 60.000 klik berbayar dari adwords ke toko online, sudah mengeluarkan budget Rp.11jt-an, hal yang biasa alurnya adalah: User klik iklan > lihat web > hubungi CS > closing > berulang ke awal Dan kamu membiarkan tidak mengumpulkan list? Jika potensial audience banyak katakanlah ratusan ribu, didapatkan traffic dari iklan itu sejumlah sekian atas klik link web, ketika ada pixel code facebook maupun adwords, maka list bisa didapat di dua channel iklan ini. Remarketing Facebook+Google Ada beberapa kombinasi jika audience list kita terapkan di web kita baik untuk periklanan facebook maupun Google. a. Memanfaatkan traffic iklan facebook Selama ini beriklan di facebook namun belum memanfaatkan untuk membangun list untuk remarketing? Kamu dapat menaruh pixel code untuk remarketing di facebook ads dan GDN (Google display network). Penonton yang sifatnya interest dan klik web, artinya dia tertarget, masuk ke web, list terdata, iklan remarketing bekerja, bisa dimanfaatkan di facebook maupun adwords. Ga cuma iklan facebook, misalkan kamu punya fanpage dengan reach yang besar dan traffic ke web dari FB lumayan banyak, bisa juga menggunakan konsep ini. b. Memanfaatkan traffic dari Adwords Audience yang berasal dari google, sejaitnya audience dengan tingkat kebutuhan yang tinggi, sehingga konversi tinggi, walau tergantung search volume (artinya traffic nya bergantung ke jumlah pencarian hari itu). Apalagi dengan iklan adwords (Network Search) yang berbayar, jangalah membuang audience sia-sia, ketika dipasang pixel code di web apalagi 2 jenis pixel code (FB dan Google Ads), maka list yang terbentuk merupakan list yang InsyaAllah memiliki konversi yang tinggi (karena berasal dari Google) jika dimanfaatkan, apalagi ketika eksekusi iklannya sangat cantik, Hah? Iya, dari semula SEARCH diubah SOCIAL. SEARCH memiliki keterbatasan komunikasi dengan audience, tapi SOCIAL? Misal tipe iklan facebook Post Engagement (yang mana dengan kekuatan Copywriting Text and Image) yang bisa diexplore dan tidak terbatas text nya, bisa lebih SOCIAL dalam berkomunikais ke List yang konversinya tinggi tadi. Jika eksekusi iklannya dengan iklan google, pilihlah GDN, karena itu akan lebih visual dengan display image yang besar dan menarik dan membayangi user ketika browser di internet. Semoga bermanfaat! The post Agar Iklanmu Tidak Berjalan Sia-Sia! : Retargeting Facebook + Remarketing Adwords appeared first on FanspageID - Your Facebook Marketing Stuff. |
Hal Kecil, Namun Berefek Besar Pada Penulisan Call To Action Kamu di Facebook! Posted: 19 Aug 2015 07:46 AM PDT Setelah Anda membaca dari kalimat ini hingga selesai, mungkin kamu akan merasakan tambahan ilmu dan manfaat dalam hal penulisan penawaran kamu di facebook! OK, mungkin teks penawaran kamu tak pernah lepas dari mencantumkan kontak, atau terkait pengiriman mungkin, atau pembayaran ? atau keunggulan-keunggulan ? Ya, Hal kecil itu adalah Character! Jangan sesekali meremehkan ini, dalam facebook marketing ini dapat ✔ memvisualisasikan sebuah kata-kata, ✔ menegaskan sebuah kata-kata, dan ✔ mempersingkat kata-kata dengan 1 simbol apalagi misalkan jumlah kata yang terbatas misal dalam penulisan di facebook advertising, juga sangat ampuh ✔ dalam mendorong Call To Action! Langsung saja kunjungi website, dan copy paste kan karakter yang pas dengan teks copywriting mu: http://copypastecharacter.com/ The post Hal Kecil, Namun Berefek Besar Pada Penulisan Call To Action Kamu di Facebook! appeared first on FanspageID - Your Facebook Marketing Stuff. |
Cara Pembayaran Iklan Facebook Dengan Bank Lokal (ATM) dan Doku, Pengin Tahu? Posted: 15 Aug 2015 07:32 AM PDT Pembahasan berikut, kami kutip dari website EfbeMarketing.com, sebenerany sudah banyak cara terkait mekanisme pembayaran facebook ads dengan ATM Bersama, namun mungkin ini ada cara yang mungkin berbeda dan belum stuffers baca sebelumnya. Mari kita simak. Saat ini sudah menjadi rahasia umum bagi internet marketer khususnya di Indonesia kalau facebook ads telah menerima pembayaran dengan sistem prabayar (prepaid) /deposit terlebih dahulu, dengan cara ini kita bisa membuat iklan di facebook tanpa perlu lagi repot-repot membuat kartu kredit ataupun paypal cukup dengan mentransfer Bank Lokal layaknya berbelanja online via ATM atau sms dan internet banking dan tidak cuma itu masih ada opsi lain yang cukup mudah untuk di aplikasikan. Cuma kendalanya tidak semua akun facebook bisa mendapatkan metode pembayaran prabayar ini, saya (efbimarketing.com) pun baru dapat menggunakan akun tersebut dengan membuat akun facebook baru dengan pengaturan akun menggunakan bahasa Indonesia. Adapun cara saya memunculkan metode pembayaran prabayar pada akun facebook yang baru ini sebagai Berikut; 1. Buat Fanpage Baru pada akun facebook baru dengan nama apa saja (* hanya digunakan untuk pancingan memunculkan opsi PROMOSI) 2. Buat Postingan di fanpage tersebut, lalu pilih tombol promosi, dan masukan metode pembayaran baru. 3. Setelah itu akan di beri dua pilihan, metode pembayaran baru secara kartu kredit/debit dan via atm bersama, pilih ATM dan Bank transfer 4. Lalu kita akan muncul pertanyaan untuk membuat akun prabayar, klik BUKA AKUN PRABAYAR 5. setelah di pilih lalu abaikan pilihan selanjutnya, kita tinggal masuk ke ads manager dan menu billing di link : https://secure.facebook.com/ads/manage/funding.php , dan pilih tombol TAMBAH UANG -> Pilih ATM BERSAMA 6. Lalu Masukan Jumlah yang mau di transfer 7. Lalu pilih Lakukan Pembayaran–> dan masukan rincian pembayaran -> Lanjutkan 8. Lalu akan muncul pop up pembayaran dari pay.doku.com, berisi invoice dan no rekening yang akan di transfer, lakukan transfer sebelum batas akhir pembayaran 8. Setelah transfer dengan benar maka akan ada notofikasi via email dan facebook, dan saldo telah terisi Setelah Terisi saldo, akun facebook ads prabayar sudah siap untuk beriklan. Demikian artikel ini, semoga bisa membantu rekan netizen sekalian. -EfbeMarketing.com – The post Cara Pembayaran Iklan Facebook Dengan Bank Lokal (ATM) dan Doku, Pengin Tahu? appeared first on FanspageID - Your Facebook Marketing Stuff. |
Saya Menyebut Ini Facebook Timeline Contest! Lalu Apa Pentingnya? Posted: 14 Aug 2015 10:48 AM PDT Kontes? Apa pentingnya? Biasanya sebuah brand mengadakan kontes tujuan utamanya adalah ingin lebih mempopulerkan brand-nya, lebih banyak target audience yang mengenali dan tahu akan brand-nya. Pernahkan menjalankan sebuah kontes di facebook? Umumnya hal yang sering dilakukan adalah photo contest atau kontes dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Photo contest biasanya dengan sekenario menstimulus audience dengan sebuah prize untuk meng-upload photo sesuai kriteria kontes. Pun juga dengan aplikasi yang digunakan dengan bantuan pihak ketiga, faktor prize juga menentukan. PRIZE dalam Sebuah Facebook Kontes Hadiah? Pentingkah? Penting juga, ya. Apa yang menyebabkan audience yang segemented ikut join kontes, apa yang membuat mereka terdorong, apa yang membuat mereka melakukan hal-hal yang persyaratkan dalam kontes, itu juga salah satu faktornya juga terkait prize (hadiah kontes), semakin menarik hadiah maka semakin men-stimulus audience untuk ikutan kontes. Media dan Aplikasi Kontes Pernahkah stuffers ikutan sebuah kontes di facebook? Umumnya media yang dipakai adalah aplikasi pihak ketiga semisal aplikasi foto kontes dengan berbagai macam penyedia dan jenis aplikasi macam lainnya yang banyak bertebaran diantaranya adalah AgoraPulse, TabSite, Heyo, Woobox, Contest Capture dll. Umumnya aplikasi pihak ketiga melekat pada tab fanpage. Tahu tab fanpage? Itu loh, yang di sebelah kiri fanpage, tab-tab yang kita bisa isi dengan berbagai aplikasi pihak ketiga, seperti contoh di bawah ini: Ada beberapa kekurangan ketika menggunakan aplikasi pihak ketiga yang melekat pada tab fanpage atau berbasis web based, yah ini social media, user lebih suka jika tidak dibawa keluar dari situs facebook. Tab fanpage pun agak kurang friendly jika di mobile. User pun harus digiring ke URL/Link tab fanpage misal; https://www.facebook.com/NamaFanpage/app_xxxxxxxxx. Ya, intinya dalam hal ini proses sosialisasi yang agak susah dan kurang friendly, sehingga apa? Sehingga, Lanjut! Aspek “VIRAL” dalam Sebuah Facebook Kontes Tahu VIRAL kan? Ya! Menyebar ke mana-mana karena user ikut bercuap-cuap di social media, jadi effort yang dibutuhkan penyelenggara kontes untuk menyebarkan sebuah event itu tidak besar, bahkan berdiam diri tanpa cost budget buat promo contest pun masing running jika memang VIRAL nya kuat banget. Untuk penggunaan aplikasi pihak ketiga di atas aspek VIRAL juga tentu diperhitungkan, ketika user menggunakan aplikasi pihak ketiga kadangkala kan ada privacy nya kan? ketika join contest apakah mengizinkan facebook untuk otomatis share content secara public ke timeline dll. Belum lagi juga akses ke URL aplikasi kontes yang kurang frinedly membuat penyebarannya jad kurang greget VIRAL nya. Nah, nah, nah, Datanglah Facebook Timeline Contest Facebook timeline contest maksudnya adalah contest yang memanfatkan timeline sebagai media untuk mempublish info kontes nya, jadi tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga. Kenapa harus di timeline? Ya, karena di timeline-lah, VIRAL itu sangat maksimal, tempat menyebarnya info ya di timeline, tempat yang secara langsung dimana content dilihat oleh audience ya di timeline. Viral terbentuk karena aktivitas engagement pada sebuah konten. Dengan memanfaatkan timeliine, konten sangat mudah menimbulkan viral, apalagi dengan prize yang menarik. Lalu, bagaimana skema nya agar viral itu terbentuk, berikut poin-poinnya: – CTA: Call to Action pada persyaratan kontes. Ketika aspek viral ingin semakin dahsyat maka CTA harus terpenuhi pada persyaratan. Misalkan, untuk peserta dianggap valid mengikuti sebuah kontes maka mereka harus melakukan action yang kita persyaratkan. Diantara CTA yang utama adalah; like, comment, share. Ketiga unsur ini adalah unsur pokok yang menciptakan sebuah efek viral. Lalu, apakah hanya itu yang kita inginkan? lantas bagiamana agar kontes ini membuat efek branding yang optimal? – Pilihlah Prize atau hadiah yang segmented dengan Brand kita. Misalkan brand kita adalah fashion, gadget dll, upayakan agar hadiah contest juga menyertakan itu, hal ini juga sebagai proses mengenalkan brand kita, walaupun mislkan untuk lebih meningkatkan nilai hadiahnya bisa dikombinasikan dengan uang tunai atau yang lainnya. -Audience; targetlah audience yang segmented dengan brand kita; misalnya market bisnis kita adalah wanita usia sekian atau wanita yang sudah berumah tangga, maka upayakan agar persyaratan misalkan hanya wanita yang boleh ikutan kontes. Dengan ini mulai dari audience dan hadiahnya segemented dengan brand kita. -Sertakan kontak customer service dan link website kita; ini untuk meningkatkan leads, jika peserta sangat tertarik dengan prize nya dan malas untuk bersaing dengan ribuan peserta lainnya, bisa jadi mereka langsung menghubungi kontak atau website untuk melakukan pembelian. Saya pernah memabaca komentar di salah satu post kontes, salah satu peserta comment: “Wah, saya beli aja deh……” -Proses dan persyaratan; saya pernah mengadakan facebook timeline contest untuk ecommerce dengan prize adalah produk-produk yang terlisting di ecommerce nya dengan audience dapat memilih hadiahnya sendiri. Apa yang dapat kita ambil manfaat dari ini? Ya, proses mengenalkan brand kita terbentuk, mulai dari mereka mengunjungi website kita, melihat-lihat produk yanga ada di brand kita, melihat model, spesifikasi, warna produk, dll. Itu sangat mengena, bayangkan dengan banyaknya audience yang ikut? Hmmm, mengesankan! – Penentuan pemenang, jika di timeline maka hal yang paling mungkin dilakukan adalah menentukan pemenang dari comment audience di post kontes kita. Kita bisa menentukan dari komentar yang terbaik, review yang terbaik, komentar yang sangat bernilai, mengesankan, komentar yang mana sangat mendetail tentang produk kita. BENEFIT Hmm, sangat menarik jika kita membahas apa sih dampak besar dari facebook timeline contest ini? 1. Meningkatnya interaksi dan jangkauan fans organik pada facebook fanpage kita. Ya, selama mulai berlasngungnya kontes bahkan setelah kontes itu berakhir interaksi sangat meningkat bukan saja di posting terkait kontesnya tapi di posting-posting fanpage kita, begitu juga dengan jangkauannya. 2. Naiknya fans kita secara organik selama kontes kita berlangsung! Siapa bilang, ini cuma buat branding saja? Jika dihitung-hitung bisa jadi cost untuk advertising untuk build fans malah lebih besar jika dibandingkan total nilai hadiah yang kita keluarkan kemudian ada nilai tambahnya berupa jumlah sekian fans organik yang naik. 3. Banyaknya yang mengenal produk kita, website, dlll dengan skema alur kontes misalkan seperti contoh di atas. 4. Leads and sales; bisa jadi selama kontes berlangsung leads dan sales naik, dengan penejelasan seperti di atas. Contoh detail kontes: Kamu dapat mencari postingan kontes di pencarian facebook dengan kata kunci: #GiveAwayBediBedi #GiveAwayHijabisme Jika kamu sudah menangkap, mungkin tanpa contoh itu pun kalian sudah bisa menangkap! Semoga bermanfaat! The post Saya Menyebut Ini Facebook Timeline Contest! Lalu Apa Pentingnya? appeared first on FanspageID - Your Facebook Marketing Stuff. |
Baru! Kontrol Iklan Facebook Dalam Genggaman HP Kamu! Posted: 12 Aug 2015 01:10 AM PDT Baru-baru ini facebook kembali tiada hentinya memaksimalkan segala fitur untuk semakin membantu para advertiser iklan facebook. Facebook Inc. mengeluarkan aplikasi iklan facebook yang memungkinkan advertiser dapat mengontrol iklan facebook dalam genggaman smartphone. Aplikasi iklan facebook (Ads Manager) ini sudah tersedia di Android dan IOS dan saya pun sudah menggunakannya. Berikut penampakannya di App Store: Akses apa yang dapat kita lakukan melalui aplikasi ini? Berikut diantaranya: 1. Menambahkan sumber pembayaran 2. Membuat dan mengedit iklan facebook berikut dengan memilih penargetannya (hanya tersedia untuk tipa Page Post Engagement dan Click to Website). 3. Memantau budget yang sudah terserap dan performa iklan yang sedang berjalan secara real time. 4. Menghidup-mati-kan iklan facebook dengan sekali klik. 5. Notifikasi iklan yang kini lain dari biasanya, kini dengan dering yang khas pemberitahuan iklan berbunyi dari HP kamu! Semoga bermanfaat. Download sekarang juga di HP kamu! The post Baru! Kontrol Iklan Facebook Dalam Genggaman HP Kamu! appeared first on FanspageID - Your Facebook Marketing Stuff. |
Pentingnya Menjadwal Iklan Facebook Tayang di Jam Tertentu Tiap Hari-nya! Posted: 30 Jun 2015 09:23 AM PDT Ketika kita beriklan di facebook dengan budget harian (daily) ataupun lifetime, maka iklan akan tampil selama 24 jam. Memang, iklan tayang di facebook menyesuaikan dengan facebook user yang online pada saat itu. Misalkan ketika iklan tayang jam 11 malam maka jangkauan iklan facebook tidak lebih banyak dari jam-jam dimana pengguna facebook banyak yang online. Padahal kita tahu bahwa ketika iklan facebook running, maka pada saat itu orang-orang sebagai target penonton iklan menyaksikan dan siap merespon terhadap iklan itu, oleh karena itu saat iklan running maka disaat itulah banyak terjadi interaksi/feedback terhadap iklan. Beberapa sedikit kelemahan ketika iklan tayang selama 24 jam non-stop; 1. Follow-up atas respon Audience; ketika iklan sedang berjalan, banyak terjadi feedback, oleh karena itu lebih baik customer support kita dalam keadaan siap (fast respon). Begitu juga dengan admin social media, ketika iklan sedang berjalan, sangat dimungkinkan banyak terjadi komentar dan message yang masuk ke facebook page sebagai akibat dari feedback terhadap iklan. Oleh karena itu poin penting disini adalah peran SDM kita dalam mem-follow up feedback dari Audience, karena tertentu hambatannya adalah jam kerja, dimana jam kerja terbatas di jam-jam tertentu sedang iklan terus berjalan. 2. Kesiapan action dari Audience; ketika iklan sedang berjalan, jangkauan iklan besar, dan walaupun audience mungkin tertarik dengan penawaran yang ada di dalam copy iklan, action untuk menindaklanjuti lebih lanjut seperti dengan melakukan transaksi pembelian, mengkontak penjual dll. dalam hal ini akan tidak sepenuhnya terjadi karena berbagai aspek misalnya; sudah larut dimungkinkan penjual tidak siap untuk melayani pembelian, melihat iklan tertarik dengan penawaran akan tetapi sedang bersiap untuk beristirahat dan malas untuk menindaklanjuti. Dengan paparan di atas, maka akan lebih bermanfaat ketika kita dapat mensetting tayangnya iklan di jam-jam tertentu saja. Mau tau? Simak penjelasan berikut; 1. Settinglah budget dengan lifetime, perlakuan di atas hanya bisa dilakukan ketika disetting budget secara lifetime 2. Pada saat membuat iklan, pilihlah menu “Ad Scheduling”, dan pilih “Run Ads on schedule”, artinya iklan akan berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, kemudian pilihlah dengan block kotak-kotak yang kita tentukan, bagian yang berwarna biru adalah yang sudah kita pilih, pada contoh gambar di bawah ini artinya iklan akan berjalan hanya pada Hari Senin-Sabtu di pukul 8 Pagi s.d 10 Malam.
The post Pentingnya Menjadwal Iklan Facebook Tayang di Jam Tertentu Tiap Hari-nya! appeared first on FanspageID - Your Facebook Marketing Stuff. |
Ramadhan, Jangkauan Posting Facebook User pun Mengalami Pergeseran! Posted: 20 Jun 2015 07:04 PM PDT Pengguna facebook saat Ramadhan tentu behaviour user ketika mereka beraktifitas di social media facebook ini berbeda dengan hari-hari biasanya. Negara Indonesia yang mayoritas muslim ini pada bulan Ramadhan memiliki aktivitas yang berbeda dari hari-hari biasanya, ada beberapa keumuman yang memang terjadi di bulan Ramadhan, bulan dimana umat islam menunaikan ibadah puasa; – Bangun lebih awal; Ya, bulan penuh rahmat dan ampunan ini menjadikan motivasi yang berlipat bagi kaum muslimin, dimana mereka berlomba-lomba dalam kebaikan, aktivitas bangun lebih awal di 1/3 malam terakhir seperti bangun untuk shalat malam, menyiapkan makanan untuk sahur, dan menunggu waktu adzan subuh untuk shalat berjamaah. -Kebiasaan yang berbeda di Pagi hari; ketika biasanya di hari biasa banyak juga yang olahraga pagi seperti jogging, dan jalan pagi. Ketika biasanya seorang isteri menyiapkan masakan di pagi hari, ketika biasanya seorang suami sarapan dan mengantar anak sekolah. Ini berbeda, perubahan jam kantor dari sebuah perusahaan yang mentoleransi untuk berangkat kerja dimundurkan. Libur sekolah dan kuliah menyebabkan waktu luang di rumah bagi anak muda. – Di kala ngantuk, terik, dan lemes di siang hari; kebanyakan dan pada umumnya siang hari dipakai untuk beristirahat, tidur di rumah, bahkan banyak juga kebijakan kantor untuk jam pulang kerja saat jam 3-an. Bank pun tutup jam 2-an. – Di kala sore banyak, juga yang keluar mencari makan tuk berbuka, sekedar tuk mencari pedagang takjil atau belanja untuk masak makanan berbuka puasa. Banyak juga muda-muda ngabuburit di luar. – Menjelang berbuka; tentu banyak yang di dalam rumah untuk menunggu waktu berbuka, banyak hal yang dilakukan. -Di Awal malam; banyak berbondong-bondong kaum muslimin pergi ke masjid untuk menjalankan shalat `Isya dan Tarowih. -Malam; tak seperti biasanya mungkin malam dilalui tidak sampai larut (untuk beberapa orang), banyak yang bersiap untuk bangun lebih awal mempersiapkan untuk ibadah di akhir malam dan sahur. Behaviour di atas tentu membuat pergeseran user online di facebook, dari yang tadinya jangkauannya luas di jam-jam tertentu kini berubah sementara sesuai dengan behaviour di atas? Yang harus kita sadari adalah perubahan behaviour ini, tentang waktu-waktunya Anda bisa menentukan/menebak jam-jam berapa dengan jangkauan yang tinggi untuk post di facebook page di Bulan Ramadhan ini. Contoh di bawah ini misalkan; post untuk jam 4 pagi, jam 3 pagi, jam 6 pagi itu memiliki perubahan yang besar dibandingkan dengan jangkauan di hari-hari biasa diluar Ramadhan. Semoga menginspirasi untuk penyesuaian schedule post-nya. Semoga bermanfaat! The post Ramadhan, Jangkauan Posting Facebook User pun Mengalami Pergeseran! appeared first on FanspageID - Your Facebook Marketing Stuff. |
Perlukah Karyawan untuk Mengelola FB Marketing? Jika Iya, Apa Tugasnya? Posted: 13 Jun 2015 02:19 PM PDT Dalam membangun bisnis, kita tidak bisa terus menerus menjadi Superman, artinya kita yang menghandle semuanya sendiri, jika ingin bisnis kita berkembang bahkan autopilot (bisa berjalan dengan baik walaupun tanpa “pilot”, kita), kita memerlukan Superteam. Seiring dengan pentingnya digital marketing, berbanding lurus juga dengan munculnya aspek-aspek rutin yang harus dikerjakan oleh kita dalam memperlancar marketing di internet. Salah satu channel marketing adalah facebook. Tentunya, jika kita ingin menggunakan facebook secara optimal untuk marketing, kita juga harus meng-arrange hal-hal yang dilakukan secara rutin dan menjadikan itu menjadi sebuah Standar Operating Procedure (SOP) bagi bagian yang menangani facebook marketing ini. Hal-hal yang perlu dipetakan pertama-tama adalah media-media pemasaran di facebook apa saja yang kita gunakan; 1. Fanpage Facebook 2. Facebook Group 3. Facebook Ads Hal yang kedua adalah dari media-media di atas, hal-hal apa yang menjadi prioritas kegiatan-kegiatan yang dijalankan melalui media tersebut; 1. Fanpage Facebook; a. Menyiapkan content di fanpage facebook; susunannya berupa text, gambar, link, atau video. b. Menjawab komentar, posting dari user ke dinding fanpage, dan juga pesan yang masuk. c. Menghapus dan atau meng-hide komentar yang tidak layak tampil di di fanpage kita, atau mem-banned fans akun spam. d. Melihat pergerakan statistik perkembangan fanpage kita melalui Insight Fanpage Facebook. 2. Facebook Group a. Menyiapkan content di group facebook b. Menjawab komentar user yang posting di group Brand kita c. Mem-banned atau menghapus komentar yang tidak layak tampil d. Menyetujui calon member yang request join ke Group Facebook Brand kita 3. Facebook Ads a. Menyiapkan ads creative (headline iklan) untuk mengiklankan Fanpage Facebook kita agar fans terus bertambah. b. Menyiapkan ads creative (headline iklan) untuk mengiklankan produk/meningkatkan visitor website melalui iklan facebook. c. Memonitor, melihat mengevaluasi, memberhentikan iklan-iklan yang tidak bagus (kurang dalam menunjang penjualan) Dari aspek-aspek kegiatan di atas kita dapat menyusun SOP diantaranya misalkan: 1. [CONTENT] Mencari bahan content, men-design gambar atau menyusun kata-kata posting serta Menjadwal sekian kali posting di fanpage dan Group Facebook untuk susunan posting yang akan diupdate dalam 1 hari. (Silakan jumlah dalam 1 hari di fanpage atau group, sebagai leader, Anda yang menetapkan, silakan sesuaikan dengan jumlah fans/member yang ada di fanpage/group tersebut). (ini penting untuk menjaga agar jangkauan fanpage tetap besar dan interaksi tidak turun). 2. [SUPPORT] Menjawab semua respon yang masuk di media marketing di facebook yang meliputi; – pesan masuk di fanpage -posting ke dinding fanpage -komentar pada fanpage -posting ke group -komentar pada group -komentar pada posting yang sedang diiklankan 3. [APPROVAL] Menghapus posting spam pada fanpage, pada group. Menghapus/Meng-hide (menyembunyikan) komentar yang tidak layak pada fanpage dan pada posting group. Menyetujui user yang ingin bergabung di group, menyetuji posting user yang post ke group (jika memakai sistem approval). 4. [PERFORMANCE] Menganalisa (bila perlu tetapkan target); – pertumbuhan fans harian/mingguan pada fanpage facebook – perkembangan jangkauan posting harian/mingguan – perkembangan jumlah interaksi di fanpage facebook – pertumbuhan user yang join ke group. – perkembangan user yang berinteraksi dan aktif di group. – perkembangan iklan facebook yang sedang berjalan 5. [SALES and BRANDING] – mempelajari selama ini posting hal apa yang membuat interaksi semakin bagus – mempelajari selama ini posting penjualan dengan copywriting dan gambar seperti apa yang berimplikasi besar ke penjualan – mempelajari iklan dengan penargetan seperti apa yang pada saat itu berimplikasi besar pada penjualan Mungkin 5 Poin di atas Anda bisa delegasikan ke karyawan Anda baik 1 karyawan atau mungkin 2, jika memang terasa berat meng-cover itu semua. Demikian sharing dari +Nofi Bayu Darmawan, semoga menginspirasi dan makin tertata terhadap bisnis Anda! The post Perlukah Karyawan untuk Mengelola FB Marketing? Jika Iya, Apa Tugasnya? appeared first on FanspageID - Your Facebook Marketing Stuff. |
Begini Cara Optimasi Local Business di Fanpage Facebook dan Google Plus Page Posted: 01 May 2015 02:33 AM PDT Local Business atau Bisnis Lokal adalah bisnis yang coverage area-nya melingkupi suatu tempat atau dapat pula melayani calon customer dari luar tempat itu. Ketika kamu punya bisnis yang berlokasi di suatu tempat dan memiliki alamat fisik yang nyata itu akans lebih baik daripada tidak. Artinya apa? Artinya kamupun dapat mendatangkan mereka ke lokasi bisnismu, kantormu, showroom-mu dll, yang intinya untuk menarik mereka menjadi pelanggan kamu. Dalam dunia Online, sebenarnya tak punya alamat offline/fisik pun tak masalah, Oleh karena itu ketika kita memanfaatkan media marketing seperti Social Media Facebook ataupun Search Engine itupun tidak memiliki alamat fisik tidak masalah. Namun, yang perlu kita tahu, media media marketing tadi mempunyai perlakuan tersendiri ketika tipikal business kita itu ber-category local business. Bagaimana perlakuan dan Optimasinya? Kita simak 1. Local Business pada Fanpage Facebook Kita mulai dari cara membuatnya. Awal, ketika pada saat membuat local business, pilihlah category itu. Ketika kamu terlanjur dari awal tidak memilih category local business, editlah pada bagian setting di fanpage kamu menjadi local business. Nah, apa sih memang perlakuan yang berbeda dari ketika kita memilih category local business pada fanpage facebook? a. Kemudahan audience di sekitar lokasi business Anda menemukan dan menjadi penarik mereka. Ketika facebook user menggunakan mobile phone atau tablet dan membuka apps facebook via gadget tersebut, ketika mereka click check in pada mobile phone itu, maka akan otomatis direkomendasikan fanpage dengan category local business yang berada disekitar titik lokasi mereka berada. b. Fitur tambahan Rating Review dan Kunjungan Ketika makin banyak facebook user yang check in, maka bertambah pula jumlah kunjungan yang tampil di fanpage kita. Rating review juga demikian, semakin banyak orang yang rating bagus di fanpage kita tentu juga akan lebih meningkatkan trust brand kita. Bagi yang belum bisa mensetting rating review simak di artikel ini. 2. Local Business pada Google Plus Page Pernahkah Anda mengetikan suatu kata kunci di Google, kemudian di sebelah kanannya muncul Google Plus Page semisal berikut? Mungkin yang paling sering adalah Google plus Page bisnis Hotel, yang sering Anda jumpai ketika searching terkait hotel itu. Andapun bisa melakukannya. Hal ini sangat menarik, ini akan lebih meningkatkan trust baik dari sisi search engine maupun dari sisi pencari. Google plus page tampil di Search Engine Result Page (SERP) menampilkan beberapa info diantaranya: – Foto – Peta; terlisting di Google Maps – Deskripsi bisnis – No Telp – Ulasan (Review); dari user yang mereview business kita di Google plus page Ketika klik “petunjuk” / “direction” akan di arahkan ke Google Maps ke arah titik lokasi peta bisnis kita yang ter-listing di Google Maps. bagus bukan? Bukan cuma itu, ketika user searching by phone, maka akan ada tombol “call”/”telepon” yang mana ketika di klik user langsung terhubung dengan kontak telepon dari bisnis kita. Bagaimana membuat Google Plus Page untuk Local Business? Kunjungi Akun Google plus Anda dan buatlah Google Plus page. – Isikan alamat yang sesungguhnya, karena Google akan memverifikasi alamat Anda – Google akan mengirimkan via Ekspedisi ke alamat bisnis Anda berupa PIN – PIN itulah yang dimasukan ke kolom verifikasi, ketika sudah terverifikasi maka Google Plus Page Anda akan mulai terlisting di Google Maps Bagaimana agar Google Plus Page terlisting dalam pencarian Google no 1? – Hubungkan Google Plus Page di atas dengan alamat website Anda dengan cara ini – Upayakan website Anda teroptimasi sesuai dengan Nama Google plus page Anda, misalkan Anda punya bisnis Les Privat Jakarta Bernama Jagoan Privat, maka di website itu konekan ke Google Plus Page dan upayakan jika Anda menarget kata kunci Les Privat Jakarta , website Anda menarget kata kunci tersebut, dana nama Google Plus Page Anda ada bagian dari kata kunci itu. Namun apabila menarget nama brand itu akan lebih mudah tentunya, yaitu dengan menarget kata kunci nama brand di website kita dan buatlah Google plus page dengan nama brand kita. Seperti FanspageID dalam contoh di atas. Semoga bermanfaat! The post Begini Cara Optimasi Local Business di Fanpage Facebook dan Google Plus Page appeared first on FanspageID - Your Facebook Marketing Stuff. |
You are subscribed to email updates from FanspageID - Your Facebook Marketing Stuff To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar