Kamis, 25 Desember 2014

Artikel Menarik Terbaru dari FanspageID! Silakan Cek!

Artikel Menarik Terbaru dari FanspageID! Silakan Cek!

Link to Fanspage-Id | Your Social Media Marketing Stuff

Menemukan Interest yang Sangat Tertarget dengan Menggunakan Audience Insight

Posted: 24 Dec 2014 03:14 PM PST

Dalam melakukan riset target audience target pasar, hal yang paling mendasar menentukan kemudahannya adalah bagaimana kita paham betul behaviour dari target audience. Ya, untuk lingkungan tertentu kita tidak mengetahui secara sempurna behaviour dari target audience. Misalkan begini: Ketika saya memasarkan produk ke Negara Indonesia dibandingkan dengan USA, tentu berbeda dalam hal penguasaan behaviour, kenapa? Karena saya akan memerlukan effort lebih untuk mempelajari target market yang belum terlalu familiar dengan kita, contohnya misalkan untuk transaksi online di Indonesia terjadi puncak yaitu di hari kerja (week days), adapun di USA terjadi puncak di weekend, hal lain misalkan kebanyakan pembeli suatu produk untuk market Indonesia usia muda/dewasa 20-an ke atas hingga 35th lebih banyak (mendominasi), akan tetapi untuk tingkat konversi penjualan di USA kebanyakan lebih banyak di usia yang dipandang "wise" bijak (>35th), untuk usia muda beberapa case, memiliki tingkat refund (pengembalian produk) yang tinggi, dan masih banyak hal lagi, mengenai bagaimana mereka membagi waktu sehari-hari mereka, dimana mereka biasanya menghabiskan waktu liburan, makanan, dll. Intinya yang ingin saya tekankan adalah pada dasarnya untuk mempelajari market yang masih familiar dengan kita bisa saja kita menggunakan otak kanan kita, artinya itu merupakan suatu hal yang memang sudah biasa terjadi di sekitar kita, yang mudah, jangan dianggap susah.




Terkait dengan penjabaran di atas dalam targeting interest pada iklan facebook, maka juga diperlukan riset, dan effort yang dibutuhkan untuk riset itu adalah sebesar bagaimana kita familiar terhadap target market kita. Mengenai jabaran tentang interest pada iklan facebook, sudah dijabarakan dalam artikel dahulu. Untuk membantu riset kita dalam meminimalisir effort yang kita keluarkan, kali ini kita menggunakan tools audience insight facebook.

Dengan Audience Insight dapat membantu kita menemukan interest (minat; hal yang menjadi fan base dari audience di facebook), kita akan menggunakan metode filtering dengan memanfaatkan data fanpage-fanpage yang menjadi fan base dari suatu interest.

1. Step I: Memasukan Broad Interest (Interest yang Tidak Spesifik)

Kita memasukan kata kunci global, karena kita tidak tahu interest yang seperti apa yang tertarget untuk market yang kita belum familiar dengan audience-nya. Contoh misalkan kita akan menarget market tentang Pecinta Kuda di USA, Interest: Horse Lover.



Masukan 1 demi satu Interest Broad (Luas), kemudian analisa fanpage-fanpage yang muncul yang terkait pada interest itu (Poin ke-2)

2. Step II: Analisa Fanpage yang merupakan Fanpage dengan Dominasi Interest di atas, di bagian menu "Page Likes"



Akan terlihat fanpage-fanpage yang terkait dengan interest "horse lover" tapi fanpage tersebut belum terlalu targeted (belum sangat spesifik).


3. Step III: Cross Fanpage  ke Interest

Akan muncul di poin 2 fanpage terkait interest yang dibidik, dan ingat bahwa fanpage juga bisa menjadi sebuah interest. Fanpage dengan jumlah fans besar dan sudah agak lama dibangun biasanya muncul sebagai interest. Nah, fanpage yang muncul inilah kita masukan dalam kolom interst.



Masukan nama-nama fanpage dalam kolom interest, preview dari daftar fanpage akan berubah ke fanpage-fanpage yang sangat spesifik.



4. Step IV: Lakukan kembali pada poin 2 kemudian poin 3

Dan akan terlihat fanpage-fanpage yang terlisting di dalam data tersebut berbeda dari sebelumnya, data akan menunjukan fanpage yang lebih spesifik, ulangi terus hal tersebut hingga kita menemukan fanpage yang sangat spesifik.

Misalkan dengan case ini kita berhasil menemukan:

- Makanan Kuda yang paling banyak dibeli/dicari
- Website tentang dunia per-kuda-an
- Acara TV Show tentang per kuda-an
- Komunitas tentang per-kuda-an

dll, yang sangat spesifik bukan seperti data di poin 2 tapi lebih segmented lagi.

5. Step V: Save Data dan Siap Digunakan untuk Audience Iklan Facebook



6. Data yang sudah Anda Save, Anda dapat menggunakannya via Iklan Boost Post di Fanpage atau Power Editor.

Ini video teknis nya step by step, silakan tonton video berikut:




Semoga Bermanfaat.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar